top of page
Cari
  • Gambar penulisASM Blogger

Kemasan Kardus Makanan, Jenis, Manfaat, dan Keunggulannya

Diperbarui: 5 Apr

Kemasan kardus makanan adalah bahan kardus untuk mengemas makanan. Pemakaian kardus ini bisa untuk pengiriman makanan dalam jumlah besar atau sedikit. Selain itu juga berguna untuk menyimpan bahan makanan cadangan.

Kardus makanan untuk mengemas terdiri dari beberapa jenis. Anda bisa menemukan jenis kemasan tersebut pada berbagai pabrik produsen kemasan kardus, pabrik karton box, pabrik plastik, pabrik styrofoam, pabrik kemasan makanan, dan lain-lain di Jakarta dan Tangerang.


Kemasan Kardus Makanan, Jenis, Manfaat dan Keunggulannya

Kardus adalah wadah yang berbentuk kotak atau beragam bentuk lainnya dengan bahan dasar kertas. Penggunaan kardus ini sangat praktis. Anda dapat memakainya sebagai tempat untuk penyimpanan.

Bisa juga Anda gunakan untuk membawa barang belanjaan sebagai pengganti plastik. Namun fungsinya tak hanya itu. Kardus bisa Anda pakai untuk membuat sebuah kemasan. Termasuk dalam hal ini adalah kemasan makanan.

Secara umum ada tiga jenis kardus bila Anda bagi berdasarkan ketebalannya. Yakni single wall, double wall, dan triple wall. Ketiga jenis ini memiliki perbedaan dari segi ketebalan. Karena ketebalannya yang berbeda maka pemanfaatannya pun berbeda.

Nah, saat ini penggunaan kardus bukan hanya untuk pengiriman paket atau untuk mengemas barang elektronik. Tapi bisa juga Anda gunakan untuk kemasan makanan. Contohnya, makanan yang siap santap secara langsung.

Pasalnya kardus makanan ini food grade, lebih aman dan kuat untuk menampung makanan. Terutama untuk makanan yang masih panas atau hangat.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis kardus yang bisa digunakan sebagai kardus makanan. Jenis kardus ini ada yang berukuran besar dan ada pula yang kecil.

Supaya Anda lebih paham mengenai kemasan kardus makanan ini, ikuti terus ulasan berikut ini.


Kardus yang Tepat Untuk Kemasan Makanan

Berikut adalah jenis kardus yang bisa Anda gunakan sebagai kemasan makanan yang Anda jual.

  • Kemasan makanan corrugated box.

Jenis kardus ini adalah kardus pengemasan biasa yang berbahan corrugated. Ini adalah yang paling umum dan banyak dipakai. Kemasan kardus makanan ini memberikan kesan natural, sekaligus rustic, karena berwarna natural corrugated karton.

Untuk Anda ketahui penggunaan corrugated box tak hanya sebatas untuk kemasan makanan. Anda juga bisa menggunakannya untuk produk seperti parfum, pakaian dan perlengkapan wanita lainnya. PT Anugrah Sentosa Mandiri juga menggunakan corrugated box sebagai bahan pembuatan kemasan kardus untuk makanan.

  • Duplex Box.

Dari material duplex paper, duplex box ini lebih mudah untuk cetak warna. Sebab hasilnya sangatlah halus dan rapi.

  • Snack box.

Jenis kemasan kardus makanan yang satu ini memang terbilang lebih kecil bentuknya. Terbuat dari bahan ivory atau duplex. Pemakaian packaging ini lebih sering untuk camilan, makanan kecil atau makanan ringan.

  • Paper lunch box.

Jika Anda mencari kemasan kardus yang paling cocok untuk makanan maka jawabannya adalah paper lunch box. Yang satu ini cocok untuk semua jenis makanan. Pasalnya paper lunch box terbuat dari food grade paper sehingga aman untuk mengemas makanan. Selain itu jenis paper lunch ini juga cocok untuk kemasan makanan delivery, cepat saji dan online food.


Manfaat Kemasan Kardus Makanan

Manfaat utama dari kemasan kardus makanan tentu saja untuk mengemas makanan. Namun, selain manfaat utama tersebut ada beberapa manfaat kardus makanan sebagai kemasan. Manfaat tersebut antara lain:

  • Melindungi makanan supaya tidak rusak dan menurun kualitasnya.

  • Dengan menggunakan kemasan kardus, makanan tampil lebih menarik. Sehingga bisa menambah selera konsumen untuk menyantapnya.

  • Memudahkan saat membawa makanan. Dengan adanya kemasan kardus, membawa makanan jadi lebih praktis dan makanan pun tak mudah rusak.


Keunggulan Menggunakan Kardus Untuk Kemasan Makanan

Kemasan kardus makanan mempunyai keunggulan. Barangkali Anda tidak begitu menyadari tentang hal ini. Beberapa keunggulan kardus untuk mengemas makanan adalah:


1. Kebersihan Lebih Terjamin

Anda pasti sudah paham bahwa membungkus makanan harus menggunakan wadah yang tepat. Hal ini karena kebersihannya akan lebih terjamin. Sebagai seorang pengusaha makanan, Anda harus memilih jenis kemasan yang tepat.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahan untuk mengemas. Sebab yang akan Anda kemas adalah makanan. Jangan sampai makanan tersebut menurun kualitas dan rusak rasanya.


2. Kemasan Kardus Mudah Ditemukan

Semua orang tahu kalau kemasan kardus paling banyak tersedia. Sehingga Anda akan menemukannya dengan mudah.


3. Memiliki Beberapa Pilihan Ukuran

Pada beberapa toko makanan atau kue, Anda dapat menemukan berbagai pilihan ukuran kemasan kardus makanan. Pilihan ukuran ini untuk menyesuaikan ukuran makanan atau kue.

Kardus ini berguna untuk melindungi makanan agar tetap terjaga kualitas dan tetap utuh. Karena itulah Anda bisa menemukan berbagai pilihan ukuran.


4. Kemasan Makanan Kardus Tersedia Dalam Berbagai Pilihan

Dengan semakin menjamurnya bisnis makanan, maka para pelaku bisnis ini akan terus mencari jenis kemasan yang aman untuk produk. Saat ini ada berbagai jenis kemasan yang memakai bahan ramah lingkungan.

Jenis kemasan tersebut bahkan baik untuk makanan. Sehingga tak akan mempengaruhi atau merubah rasa walau makanan dalam keadaan panas.

Beberapa kemasan bahkan ada yang tahan air dan minyak. Sehingga kardus makanan ini masuk dalam kriteria aman untuk semua jenis produk makanan.


5. Sangat Mudah Saat Membawa Makanan

Keunggulan lain dalam menggunakan kemasan kardus adalah sangat mudah membawanya kemana-mana. Penggunaan kemasan makanan yang praktis tentu saja memudahkan pelanggan saat membawa makanannya.

Ini merupakan salah satu peluang yang bisa Anda baca. Anda harus bisa membuat sebuah kemasan yang mudah dibawa dan tidak merusak atau mengubah kondisi makanan. Terutama selama dalam perjalanan.


6. Memiliki Bermacam-macam Desain dan Bentuk

Anda salah besar jika selama ini mengira bahwa kardus makanan hanya ada satu macam desain saja. Padahal banyak sekali desain kardus makanan yang bisa Anda gunakan.

Seluruh desain dan modelnya tergantung pada kemasan. Bentuknya ada yang segitiga, oval, bulat bahkan ada yang persegi panjang. Berbagai bentuk tersebut harus punya fungsi yang tepat dari sebuah kemasan.


7. Mempunyai Bermacam Pilihan Harga

Hal yang tak kalah penting adalah menemukan jenis kemasan kardus yang harganya sesuai dengan kemampuan. Bila ada berbagai pilihan ukuran dan desain tentu akan ada opsi harga.

Pilihan harga tersebut pasti sesuai atau setara dengan ukuran kemasan. Jika membelinya secara online biasanya pilihan harga lebih terbatas, karena bentuk dan ukuran kardus tidak persis sesuai kebutuhan Anda. Artinya semua detail mulai dari ukuran, desain, dan harga sudah ada dalam satu informasi. Oleh sebab itu, akan lebih mudah jika Anda mendesain kemasan kardus makanan Anda di perusahaan kami!

PT Anugrah Sentosa Mandiri merupakan salah satu pabrik karton box dan kardus kemasan terbesar di Indonesia. Kami memiliki berbagai klien yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kemasan kardus makanan. Bagi Anda yang membutuhkan kardus kemasan atau karton box silakan langsung mengunjungi www.anugrahsm.com. Dapatkan informasi lengkap tentang ini di sana.

Di website tersebut Anda akan menemukan berbagai macam kardus untuk kebutuhannya. Mulai dari kardus pindahan rumah, kardus untuk sepatu, kardus alat berat, kardus untuk alat berat hingga kemasan kardus makanan. Bahkan Anda bisa custom kardus di perusahaan kami sesuai kebutuhannya.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page