Cari
  • ASM Blogger

Proses Pembuatan Karton Box

Diperbarui: 26 Apr

Dalam membuat suatu produk, diperlukan proses yang cukup panjang, yang juga didukung oleh pengalaman perusahaan dan konsistensi produksi. Hal tersebut dilakukan agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik, sehingga memberikan value sesuai dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen.

ASM sudah 20 tahun bergerak di bidang karton box atau pabrik kardus Tangerang, dengan produk dan pelayanan yang superior. Kontrol kualitas kami lakukan dengan sangat ketat sesuai standar nasional dan internasional, dengan hasil yang akurat dan efektif. Sebagai perusahaan pabrik kardus yang terdepan, kami juga menjaga produk kami agar selalu berada di lingkungan yang aman dan bersih, serta memberikan layanan terpadu kepada para klien. Hal tersebut dikarenakan kami percaya bahwa di era baru ini, kualitas produk yang baik adalah hal yang umum harus dipenuhi, namun sebetulnya layanan yang berkualitas juga adalah hal yang sama penting.

Dalam memproduksi karton box, tentu ada berbagai proses yang dilewati hingga akhirnya tercipta kotak kemasan kardus yang memiliki value sesuai kebutuhan konsumen.

Ada yang mengutamakan daya tahan karton box, fleksibilitas bentuk kotak kardus, desain warna gambar, dan lain-lain. Berikut istilah dan proses pembuatan karton box, mulai dari kertas hingga menjadi box kardus:


1. Paper

Awal mula karton lembaran terbentuk adalah dari gulungan kertas yang diproduksi oleh pabrik kertas. Jenis kertas yang umumnya digunakan untuk bahan pembuatan karton lembaran adalah Kraft Paper, White Kraft paper, dan Schrenz Medium Paper.


2. Carton Sheets

Setelah berwujud gulungan kertas, barulah Carton Sheets atau karton lembaran dibuat. Proses pembuatannya adalah dengan menggelombangkan kertas tadi, dan menempelkannya pada dua lembar kertas yang utuh belum bergelombang, pada sisi atas dan bawah kertas bergelombang.


3. Slit

Setelah sudah berwujud Carton Sheets atau karton lembaran, karton akan dipotong sesuai dengan ukuran sisi terluar box kardus yang dibutuhkan. Proses memotong karton ini disebut Slit. Hasil dari potongan ini akan berbentuk persegi atau persegi panjang.


4. Cetak

Setelah dipotong, karton lembaran akan dicetak menggunakan tinta (jika desain kardus tidak polos).


5. Creasing

Setelah karton lembaran sudah dicetak dengan gambar dan tulisan sesuai pesanan, barulah karton lembaran diberi bakal lipatan lurus, yang mempermudah saat melipat kardus setelah jadi nanti.


6. Slot

Setelah diberi bakal lipatan, karton lembaran akan diberi lubangan atau garis, yang akan menjadi pemisah antar tutup kardus. Selain itu, kupingan kardus yang akan merekatkan keseluruhan box kardus nanti, juga akan dibuat pada proses ini.


7. Finishing

Setelah proses lembaran karton sudah lengkap, barulah melewati proses akhir yaitu finishing. Pada proses ini, kupingan karton akan diberikan perekat. Perekat tersebut dapat dengan menggunakan lem atau staples.

38 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua