top of page
Cari
  • Gambar penulisASM Blogger

Apa Saja Jenis & Fungsi Karton Box?

Diperbarui: 26 Apr 2022

Kotak kemasan untuk makanan, kotak minuman, box pakaian, dan barang apapun, dapat dibuat dari berbagai macam bentuk dan material. Mulai dari box styrofoam, kotak kemasan plastik, kotak kemasan kayu, dan box kemasan lainnya. Semua kotak kemasan dan packaging disesuaikan dengan keinginan konsumen, berdasarkan barang yang akan dimasukkan ke dalamnya. Salah satu packaging yang hingga kini masih sangat diminati adalah karton box atau kotak kardus.

Karton box adalah salah satu material kemasan yang sangat fleksibel dan mudah dimodifikasi, dengan jenis dan fungsi karton box yang berbeda-beda.

Sesulit apapun bentuk barang yang akan dikemas, setiap kotak kemasan dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Selain bentuknya yang dapat dikustomisasi, kotak karton juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari mengemas barang baru atau makanan, seperti untuk box buah, dus pizza, kotak sepatu, dus furniture, dan lain-lain, hingga membungkus barang bekas atau yang sudah tidak terpakai, seperti untuk kotak dokumen, dus ekpedisi, kotak pindahan, dus arsip, dan lain-lain.

Box kardus cocok untuk segala keperluan tersebut karena selain bentuknya yang dapat disesuaikan, daya tahan karton juga dapat diadu dengan material kemasan lain. Meskipun begitu bahan karton juga memiliki keterbatasan, misalnya jika dibandingkan kotak kemasan kayu, plastik, dan styrofoam, karton box lebih mudah rusak jika terbentur atau tertindih beban yang lebih dari kemampuan material karton yang digunakan. Selain itu, karton juga mudah rusak akibat air, baik itu genangan ataupun percikan.

Oleh sebab itu untuk setiap order kotak kardus yang Anda butuhkan, perlu perhitungan dan pengukuran yang tepat, agar Anda tidak perlu menghadapi kerusakan dan/atau reject produksi, yang akan terjadi jika pengukuran dan perhitungan dilakukan kurang tepat. Agar hal tersebut tidak terjadi, diperlukan penyuplai karton box yang berpengalaman dalam bidangnya.

ASM sudah 20 tahun bergerak di bidang karton box atau pabrik kardus Tangerang, dengan produk dan pelayanan yang superior. Kontrol kualitas kami lakukan dengan sangat ketat sesuai standar nasional dan internasional, dengan hasil yang akurat dan efektif. Sebagai perusahaan pabrik kardus yang terdepan, kami juga menjaga produk kami agar selalu berada di lingkungan yang aman dan bersih, serta memberikan layanan terpadu kepada para klien. Hal tersebut dikarenakan kami percaya bahwa di era baru ini, kualitas produk yang baik adalah hal yang umum harus dipenuhi, namun sebetulnya layanan yang berkualitas juga adalah hal yang sama penting.

Agar memudahkan Anda, berikut penjelasan mengenai beberapa jenis bentuk dasar karton box:


1. Box Normal atau Standard atau A1

Bentuk box A1 ini adalah karton box yang biasa dilihat sehari-hari, yang memiliki empat buah flap di bagian atas, dan empat buah flap di bagian bawah, dengan bentuk yang sederhana. Box jenis ini umumnya digunakan untuk barang-barang perdagangan, seperti kotak makanan dan dus air mineral.


2. Box Overlap atau A1 Overlap

Bentuk box ini menyerupai box A1, namun perbedaannya adalah box ini memiliki flap penutup yang sedikit lebih lebar, yang sedikit tumpang tindih ketika dipertemukan. Box jenis ini umumnya digunakan untuk barang-barang seperti garment.


3. Box Full-Overlap atau A2

Bentuk box A2 ini menyerupai box A1 Overlap, namun perbedaannya adalah box A2 memiliki flap penutup yang lebih lebar lagi dari box A1 Overlap, yang keseluruhan flap penutup-nya akan tumpang tindih ketika dipertemukan. Box jenis ini umumnya digunakan untuk mengemas barang-barang yang sangat berat.


4. Box Telescope atau Top Bottom

Bentuk box ini jauh berbeda dengan tiga jenis box yang sudah disebutkan sebelumnya, dimana jenis box ini dibagi menjadi dua bagian yang saling melengkapi, dengan satu bagian atas dan satu bagian bawah. Box jenis ini umumnya digunakan untuk barang-barang seperti dus furniture, kain, dan dus sparepart.


5. Box Die Cut

Bentuk box Die Cut adalah box yang paling memiliki bentuk beragam. Bentuk box ini dapat dikonstruksi dengan lebih fleksibel, karena dapat memiliki berbagai macam dan posisi lipatan, lubang, dan celah. Box jenis ini umumnya digunakan untuk barang-barang seperti dus pizza, kotak roti, kotak kue, kotak buah, dan lain-lain.


Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page